Arahan Mendagri Saat Video Conference dengan Bupati/Walikota se-Indonesia

Pantau dan Cek Ketersediaan Bahan Pangan

Rabu, 08 April 2020 | 6:31:52 WIB
Pantau dan Cek Ketersediaan Bahan Pangan Teks foto: Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Indra Gunawan mendampingi Plh Sekda Bustami mengikuti rapat melalui video conference dengan Mendagri Tito Karnavian.

BENGKALIS-Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bengkalis H Bustami HY mengikuti dan mendengarkan arahan serta informasi yang disampaikan Menteri Dalam Negeri, Menteri Perindustrian, Menteri Pertanian, Menteri KKP, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri BUMN, Kepala BKPM, Ketua Apindo, Ketua Kadin yang ditujukan untuk Sekretaris Daerah Provinsi dan Bupati/Walikota se-Indonesia melalui video conference di Ruang Rapat Hang Jebat Kantor Bupati Bengkalis, Selasa (7/4/2020).

Rapat dipimpin Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian membahas langkah antisipasi dan kebutuhan daerah bidang perindustrian, perdagangan dan pangan dalam pencegahan penyebaran dan percepatan penanggulangan Covid-19.

Dalam arahannya Tito mengatakan, tentunya banyak hal yang harus diperhatikan. Namun yang paling penting adalah Pemerintah harus mempercepat penyaluran logistik di daerah-daerah yang sangat dibutuhkan saat ini seperti Alat Pelindung Diri (APD), rapid test dan masker bagi para tim medis.

"Kami telah mendapat laporan dari Kepala BKPM bahwasanya terkait perizinan langsung berkoordinasi dengan Kepala BKPM, perizinan tersebut siap dibuat hanya satu hari, mengingat ini kendala yang dihadapi daerah," ucap tito.

Tito juga mengimbau kepada wirausaha yang membuat APD, agar dalam pembuatan APD memperhatikan kualitas bahannya. Jangan asal buat, nanti jika bahannya tidak sesuai maka akan berdampak tidak baik bagi tim medis yang memakainya.

"Demi keselamatan, kami mengimbau bagi daerah yang membuat APD agar selalu meninjau pembuatan APD tersebut jika perlu diturunkan satu orang dari Dinas Kesehatan sebagai koordinatornya", pintanya.

Di akhir arahannya Tito juga meminta kepada kepala daerah untuk selalu memantau dan mengecek ketersediaan bahan pangan. Jika ada kendala secepatnya untuk melapor ke pemerintah pusat dan terkait penerima Kartu Pra Kerja harus didata dengan betul, jangan sampai ada tumpang tindih.

Menyikapi hal tersebut, Plh Bupati Bengkalis akan segera menindaklanjuti arahan Mendagri. "Semoga upaya yang kita lakukan bersama baik itu Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam menangani pandemi Covid-19 ini diberikan kemudahan," ucap Bustami.

Mendampingi Plh Bupati Bengkalis rapat melalui video conference tersebut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Hj Umi Kalsum, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Indra Gunawan, Kepala Dinas BPBD Tajul Mudaris, Kepala Dinas Kesehatan dr. Ersan Saputra, Kepala Disnaker Hj. Khodijah,Kepala Dinas Perhubungan Djoko Edi Imhar, Kepala Dinas Pertanian Tarmizi, Kepala DPMPTSP Basuki Rakhmad, Kepala BPKAD Aulia, Sekretaris DKP Surya Suhersi, Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bengkalis Sugeng Santoso dan Kasubbag Dokumentasi Pimpinan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis Yeni Mayasari.***

[Ikuti Terus Disperindag Bengkalis Melalui Sosial Media]







Disperindag Bengkalis
di Google+



Disperindag Bengkalis
di Instagram

Berita Terkait