Kepala Balai Diklat Pemdes Kemendagri Regional Sumatera Tinjau Ekowisata Mangrove Bengkalis

Jumat, 19 Februari 2021 | 17:23:27 WIB
Kepala Balai Diklat Pemdes Kemendagri Regional Sumatera Tinjau Ekowisata Mangrove Bengkalis Teks foto: Kepala Balai Diklat Pemdes Kemendagri Regional Sumatera, Irsan didampingi Plt. Asisten I Setda Bengkalis Ismail, dan rombongan meninjau Ekowisata Mangrove di Pantai Desa Pangkalan Jambi, Kecamatan Bukit Batu, Jumat 19 Februari 2021.

Kepala Balai Diklat Pemdes Kemendagri Regional Sumatera, Irsan bersama rombongan, yang didampingi Plt. Asisten I Setda Bengkalis Ismail, melakukan peninjauan hutan Ekowisata Mangrove Pantai di Desa Pangkalan Jambi, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Riau, Jum'at 19 Februari 2021.

Peninjauan itu, dilakukan setelah usai menghadiri acara Launching pembuatan surat secara online oleh Pj Bupati Bengkalis Syahrial Abdi, di Desa Sepotong Kecamatan Siak Kecil.

Dalam sambutan Plt. Asisten I Setda Bengkalis Ismail mengatakan, keberadaan ekowisata magrove ini, awalnya merupakan inisiatif dan kerjasama masyarakat di desa ini, yang berkolaborasi dengan perusahaan yang ada di Kecamatan Bukit Batu. Sehingga terbentuklah Ekowisata Mangrove dan kegiatan ekonomis lainnya di pantai Desa Pangkalan Jambi ini.

Selain itu juga, Ismail menyampaikan bahwa Kabupaten Bengkalis merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan negeri Jiran, Malaysia dan Selat Melaka.

Selanjutnya Ismail menambahkan, yang menjadi persoalan serta kerisauan masyarakat berada di daerah perbatasan ini, adalah ancaman abrasi yang semakin tidak terkendali. Untuk saat ini masyarakat hanya bisa mengupayakan penanaman pohon mangrove sebagai solusi penahan lajunya abrasi di daerah ini.

"Untuk itu kami berharap kedatangan rombongan dari Balai Diklat Pemdes Kemendagri Regional Sumatera ini dapat menyampaikan pesan-pesan serta diminta untuk menceritakan keadaan daerah kami ini kepada pemerintah pusat, sehingga kreatifitas seperti pohon mangrove ini yang telah dibudidaya masyarakat, khususnya di daerah pesisir tidak sia-sia hanyut terbawa arus,” ujar Ismail.

Sementara itu, Kepala Balai Diklat Pemdes Kemendagri Regional Sumatera, Irsan mengatakan, kedatangan rombongan di sini, adalah untuk memastikan bahwa isu-isu yang terdengar di kementerian adanya ekowisata di Pangkalan Jambi ini. Ternyata benar di sini bisa berpotensi sebagai pengembangan ekowisata mangrove.

“Kami sangat salut dan bangga kepada masyarakat dan pihak perusahaan yang ada di sini, begitu kompak serta bekerja sama yang baik dalam membudidayakan pohon mangrove serta melakukan kegiatan ekonomis lainnya, kami siap membantu menyampaikan harapan-harapan ke pemerintah pusat, apa yang telah disampaikan Plt Asisten I tadi,” ujarnya.

Ia juga berpesan kepada pihak perusahaan yang selama ini telah membantu kegiatan budidaya mangrove di Kecamatan Bukit Batu, diharapkan terus kosisten, kompak, berkolaborasi membagun dan menggali pontensi desa.*HPN. (diskominfotik.bengkaliskab.go.id)

[Ikuti Terus Disperindag Bengkalis Melalui Sosial Media]







Disperindag Bengkalis
di Google+



Disperindag Bengkalis
di Instagram

Berita Terkait